TUGAS KLIPING: KARYA SENI RIPA NISANTARA

TUGAS KLIPING: KARYA SENI RIPA NISANTARA






  TUGAS KLIPING
KARYA SENI RUPA TERAPAN NUSANTARA






DI SUSUN OLEH :

SAHRIL RAMADHAN



1. Arsitektur
          Candi borobudur merupakan salah satu karya seni rupa terapan Jawa Tengah yang   luar biasa, masih banyak karya seni arsitektur yang lain yang ada di Indonesia seperti rumah adat dan pada tempat ibadah.
          Karya seni rupa Arsitektur di Indonesia begitu beragam dan banyak jenisnya, mulai dari masa lampau sampai modern, mungkin kita dapat membedakan arsitektur masa lampau, modern, maupun tradisional.

2. Poster
          Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal.
3.  Keramik
          Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunanikeramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. Kamus dan ensiklopedia tahun 1950-an mendefinisikan keramik sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya. Tetapi saat ini tidak semua keramik berasal dari tanah liat.
4. Baju / Pakaian
Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal. Manusia membutuhkan pakaian untuk menutupi dirinya.
Namun seiring dengan berkembangnya kehidupan manusia , pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memekainya.

5. Ukir
Keunikan seni ukir adalah originalitasnya . Setiap seniman ukir memiliki gagasan yang berbeda yang dapat dituangkan ke dalam ukiranya . Ukir menuntut pembuatnnya untuk mengerjakan secra manual satu demi satu , sehingga orisinalitas gagasan tetap terjaga .


6. Batik
     Motif tersebut bukan diciptakan karena segi keindahan , tetapi memiliki makna tertentu . misalnya motif batik parang memiliki kekuasaan dan kekuatan yang hanya boleh dikenakan oleh penguasa dan ksatria . 


           





7. Patung
           Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang bisa bertahan selama mungkin.   





8. Anyaman
      Anyaman adalah serat yang dirangkai hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang atau perabot.




9. Kain Tenun


    Menenun adalah proses pembuatan barang-barang tenun dari persilangan dua set benang dengan cara memasuk-masukkan benang pakan secara melintang pada benang-benang lusin.

0 Response to "TUGAS KLIPING: KARYA SENI RIPA NISANTARA"

Post a Comment