Contoh Tugas Kliping Tentang Flora dan Fauna

Contoh Tugas Kliping Tentang Flora dan Fauna

 tugas kliping
“ flora dan fauna 

di susun oleh :
Ø    sahril ramaMADHAN

“ Macam-macam Flora di Indonesia 


1.  Bunga Bangkai

Keterangan :
     Bunga bangkai atau yang dikenal dengan nama Amorphophallus titanium Becc merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) indemik dari Sumatera, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia.






2.  Raflesia
Keterangan :
     Raflesia adalah genus tumbuhan parasit. Ia sering ditemukan di hutan hujan Kalimantan dan Sumatera. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya.





3.  Cendana
    
Keterangan :
     Cendana atau nama binomialnya Santalun album merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Di Indonesia kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor. Meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.



4.  Pohon Damar

Keterangan :
     Pohon Damar atau dengan nama latin disebut Agathis dammara (Lamb.) Rich, adalah sejenis pojon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Damar tersebar di Maluku dan Sulawesi. Di Jawa, tumbuhan ini diambil getah atau hars-Nya untuk dijadikan kopal.




5.  Ulin

Keterangan :
     Ulin (Eusideroxylon zwageri) atau disebut juga dengan bulian atau kayu besi adalah pohon yang berkayu dan merupakan tanaman khas Kalimantan. Kayu ulin terutama dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik, dan perkapalan. Ulin merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan.


6.  Pohon Jati


Keterangan :
     Jati (Tectona grandis) adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Jati tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Jati memiliki pertumbuhan yang lambat dengan germinasi rendah, biasanya kurang dari 50% yang membuat proses propagasi secara alami menjadi sulit sehingga tidak cukup untuk menutupi permintaan atas kayu jati.



7.  Tembakau
Keterangan :
          Tembakau adalah hasil bumi yang dip roses dari daun tanaman tembakau. Tembakau merupakan bahan pembuat rokok dan cerutu. Di Indonesia, macam-macam tembakau komersial yang baik hanya dihasilkan di daerah-daerah  tertentu. Kualitas tembakau sangat ditentukan oleh kultivar, lokasi penanaman, waktu tanam, dan pengolahan pascapanen. Akibatnya, hanya beberapa tempat yang memiliki kesesuaian dengan kualitas tembakau terbaik, tergantung produk sasarannya.


8.  Eukaliptus
Keterangan :
     Eukaliptus adalah sejenis pohondari Australia. Ada lebih dari 700 spesies dari Eukaliptus, kebanyakan asli dari Australia. Di Indonesia biasanya Eukaliptus sering dijumpai di daerah Papua.




  Macam-macam Fauna di Indonesia 

1.  Burung Cendrawasih
Keterangan :
     Burung Cendrawasih merupakan anggota family Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur.





2. Burung Merak
 Keterangan :
     Merak adalah tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasant), Phasianidae. Burung jantannya memiliki bulu ekor yang indah yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina.
Ketiga spesies tersebut adalah :
                                           a). Merak India, Pavo cristatus
                                           b). Merak Hijau, Pavo muticus
                                           c). Merak Kongo, Afropavo congensis
                        Di Indonesia biasanya merak sering dijumpai di daerah Papua.
3.  Komodo
Keterangan :
     Komodo atau serring disebut biawak komodo (Veranus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang pernah hidup  di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang,dan Gili Damasi di Nusa Tenggara. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan kaerenanya IUCN (International Union for Conservation of Nature)  memasukan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.

4.  Badak
Keterangan :
     Badak adalah lima spesies hewan  dari family Rhinocerotidae, ordo Perissodactyla yang kesemuanya berasal dari afrika dan asia. Badak adalah hewan herbivora. Walaupun badak adalah hewan herbivore, badak adalah hewan yang berbahaya. Badak tersebar di hampir di seluruh wilayah Indonesia contohnya dipulau Sumatera. Sekarang badak telah dilindungi oleh  pemerintah Indonesia, karena badak  termaksud hewan yang hampir punah.
5.  Gajah
Keterangan :
     Gajah (family Elephantidae) adalah mamalia darat terbesar yang masih hidup,serta family dari odro Pachyderm, dan satu-satunya family yang tersisah dari ordo Proboscidea.
      Gajah adalah salah satu hewan yang ada di Indonesia. Terdapat 2 spesies gajah didunia yaitu :
           1. Gajah Asia atau  Gajah India (Elephas
               maximus).
     2. Gajah Afrika (Loxodonta aricana).



6.  Maleo

Keterangan :
     Maleo yang nama ilmiahnya Macrocephalon maleo adalah sejenis burung gosong bereukuran sedang, dengan panjang sekitar 55cm. Dan merupakan satu-satunya burung di dalam genus tunggal Macrocephalon. Yang unik dari maleo adalah bertelur sekali dalam setahun, dan saat baru menetas anak burung maleo sudah bisa terbang. Maleo adalah hewan khas daerah Sulawesi Tengah.

0 Response to "Contoh Tugas Kliping Tentang Flora dan Fauna"

Post a Comment